[ads-post]

Memulai bisnis baru tidak hanya bisa dilakukan oleh orang-orang yang sudah berpengalaman lho. Anak-anak muda yang kreatif juga bisa memulai beragam bisnis. Salah satunya yaitu bisnis kaos. Di tahun 2018 ini prospek bisnis kaos bisa saja mengalami peningkatan mengingat banyak sekali penggemar sablon kaos.
Nah, Anda pun bisa belajar memulai bisnis sablon kaos. Jangan khawatir, sebagai permulaan sebaiknya pertimbangkan beberapa tips memulai sablon kaos berikut ini dalam memulai bisnis kaos. postingan ini sebenarnya sudah pernah kita ulas, namun ini sebagai tambahan saja sob.

Temukan Tema Sablon Kaos yang Unik
Langkah awal yang harus Anda persiapkan sebelum memulai bisnis kaos di tahun ini ialah dengan menemukan tema sablon. Mengapa tema sablon penting? Hal ini karena tema dari sablonlah yang pertama kali dilirik oleh pembeli. Tema sablon yang monoton cenderung membuat para pemakainya cepat bosan. Sebaiknya pilihlah tema sablon yang unik.
Bagaimana Anda bisa menemukan tema sablon kaos yang tidak hanya menarik namun juga unik dan memiliki nilai jual? Anda bisa memulainya dengan melihat tren yang sedang berlangsung di masyarakat. Sebagai contoh beberapa waktu demam Pokemon Go melanda banyak orang di tanah air. Beberapa pebisnis dan pengusaha lantas mengambil kesempatan tersebut dalam bisnisnya. Salah satunya ialah dengan membuat desain pokemon pada kaos.
Anda pun bisa mengambil contoh tersebut sebagai panduan.Tetapi mengikuti tren saja tidak cukup. Sablon kaos yang Anda terapkan haruslah memiliki identitas atau ciri khas. Ciri khas tersebut nantinya bisa membantu branding kaos sablon yang Anda buat. Ciri khas tersebut bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya warna, pola desain sablon, tulisan khusus dan lainnya. Pastikan Anda memahami makna dari identitas sablon yang Anda buat.

Menentukan Konsep Bisnis Sablon Kaos
Langkah selanjutnya ialah dengan menentukan konsep bisnis yang ingin Anda jalankan. Meski Anda tidak hanya memiliki pengalaman yang cukup luas mengenai bisnis akan tetapi konsep bisnis yang jelas harus Anda buat. Misalnya saja menjadi reseller atau memproduksi sendiri kaos bersablon tersebut. Masing-masing konsep bisnis memiliki kelebihan dan kekurangan yang harus Anda pahami.
Bila Anda memilih menjadi reseller maka Anda tidak perlu bingung bagaimana caranya memproduksi kaos dan sablon kaos. Anda hanya perlu mencari supplier yang bekerja sama dengan Anda. Carilah supplier yang bisa dipercaya. Bila Anda kurang teliti dalam mencari supplier yang bisa dipercaya kemungkinan besar hal tersebut akan menjadi bumerang bagi bisnis Anda.
Sementara itu, bila Anda memilih untuk memproduksi kaos dan sablon kaos tersebut, Anda harus mempersiapkan peralatan produksi, tenaga kerja, dan desain untuk sablon. Bahkan Anda harus memilih bahan baku yang tepat dan terjangkau sesuai dengan budget yang dimiliki. Meski terbilang rumit, memproduksi sendiri kaos juga menguntungkan. Anda bisa lebih menuangkan ide bisnis dan brand Anda sendiri lewat produk-produk yang Anda produksi.

Menentukan Harga dan Mempromosikan Sablon Kaos
Langkah terakhir bila Anda ingin berbisnis kaos ialah dengan menentukan harga setelah proses produksi dan mempromosikannya. Untuk menentukan harga yang tepat pertimbangkan beberapa aspek berupa total biaya produksi yang dikeluarkan, biaya tenaga, biaya promosi dan biaya lainnya. Bila Anda memilih untuk menjadi seorang reseller, untuk menentukan harga yang pas pertimbangkan aspek modal yang Anda keluarkan saat kulakan dan biaya marketing yang Anda keluarkan.
Setelah menentukan harga yang tepat untuk kaos, sebaiknya Anda juga perlu mempertimbangkan langkah-langkah promosi tersebut. Dewasa ini sudah ada banyak strategi marketing yang praktis. Bila dahulu marketing dijalankan dengan strategi door to door, kini strategi pemasaran lebih didominasi dengan bantuan media sosial seperti web untuk jualan online, Instagram untuk promosi kaos bisnis Anda, dan Facebook.
Pastikan pula bahwa sablon kaos dalam bisnis Anda berkualitas. Bila kualitas dari kaos yang jual bagus maka pelanggan akan mulai berdatangan. Jangan lupa untuk memberikan nama brand pada kaos yang Anda jual tersebut. Nama brand haruslah yang unik dan mudah diingat oleh target market Anda nantinya.
Prospek bisnis kaos besar kemungkinan tidak akan pernah padam. Karena itu, persaingan pun pasti tidak bisa dihilangkan pula. Langkah jitu untuk mempertahankan bisnis tersebut ialah dengan menjaga kualitas sablon kaos.

powered by : C2 LABS

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.