[ads-post]

Tentu saja dengan ulasan ini kami juga masih belajar dalam hal mendesain kaos, namun beberapa tips ini mungkin bisa menjadi tambahan atau pelengkap saja, baik itu sobat sebagai desain grafis, illustrator atau typografer dengan mendesain kaos yang tentu saja bisa dijual untuk kebutuhan clothingan atau keperluan lainnya.
trus bagaimana ya kalau kita membuat desain yang bagus?? ya mungkin sobat akan mengetahuinya setelah melihat sekian persen dari desain yang kita buat, yang utama adalah komposisinya atau tata letak agar lebih enak untuk dilihat, walau sedikit membingungkan untuk mendapatkan predikat bagus itu juga tergantung thema atau bentuk desain karena setiap desain memiliki pandangan yang berbeda beda. Untuk desain yang bagus juga harus didukung dengan kualitas sablon dan bahan yang bagus.

Target Desain  
Hal yang pertama sebelum membuat konsep, sobat harus memiliki target desain untuk kategori apa? baik itu komunitas, personal, perusahaan, anak anak atau lainnya. dengan kata lain desain yang akan kita buat jika sesuai dengan target tentu akan banyak disukai bahkan jika ada yang membeli tapi terkadang tidak dipakai karena fanatik saja, selain baik tentu itu bisa dikatakan berhasil. karena tidak mudah membuat orang menyukai desain kita karena selera orang itu berbeda beda, namun dengan memilih kategori atau thema target pasar akan lebih mudah untuk dimasuki.

Konsep Desain
Luangkan waktu sobat untuk mengexplore ide atau konsep desain sobat, buat sketsa sketsa untuk materi desain sobat di tempat yang meyenangkan misal di warung kopi, dugunung, di tempat tidur atau dimana saja agar ide nya muncul.

Bayangkan Desain Di Kaos.
Maksud nya adalah membayangkan bagaimana ya kira kira desain yang kita buat jika sudah dicetak dikaos, salah satunya adalah dengan memasang desain kita pada mockup kaos yang banyak free di mbah gugel yang bisa sobat dapatkan, hal yang lebih bagus kenapa sobat tidak cetak satu kaos aja untuk melihat lebih real hasi desain sobat.

© Desain Untuk Client
Desain untuk client hal ini gampang gampang sulit, yang sering adalah client sering meminta banyak revisi, rubah ini gan, coba warna ini gan, coba coba coba, hehehe, tips sederhana untuk menguranginya adalah dengan memahami betul keinginan klien ingin desain seperti apa, apalagi jika kita berhasil mendapatkan sedikit goresan asal asalan dari client itu akan mempermudah desain yang akan kita ekseskusi, jika diserahkan penuh, resikonya adalah masalah selera, dan ke selera kita juga akan bercampur didalamnya.

Detail Vs Desain Sederhana
Detail dalam sebuah desain atau artwork merupakan hal yang sangat bagus, banyak orang akan menghargai detail tersebut dengan harga yang baik juga, karena biasa untuk detail itu tentu memerlukan waktu berjam jam untuk mendapatkan hasil yang baik, namun untuk sebuah kaos desain "sederhana " itu terkadang lebih mudah dikomersilkan dan diterima, karena pesannya mungkin bisa lebih cepat sampai, tapi ini tergantung target pasarnya juga karena banyak brand clothingan yang mengandalkan detail untuk artikel artikel mereka.

  Kekuatan Warna
Banyak teman teman menghabiskan waktu untuk memainkan warna didalam desain yang dibuat, setelah berjam jam megotak ngatik ternyata menghasilkan warna yang sangat lemah, selain itu juga tidak bisa dipalikasikan ke banyak warna kaos. semana kita tau kaos yang banyak disukai dan banyak dipasaran adalah hitam desain putih (contoh salah satunya) karena warna ini kuat dan salah satu cara cepat mendapatkan warna simpel namun tegas.

Original
Bagaimana ya membuat desain yang original, seasli aslinya karya kita tentu ada bekas bekas dari inspirasi dari desain yang pernah kita buat atau yang pernah kita lihat, namun memang begitu sob, karena jika kita membuat sendiri tentu skala akan berbeda dengan yang pernah ada ditempat lain. karena beda tangan akan menghasilkan tarikan atau garis yang berbeda juga.

Daya Tahan 
Bukan kaos nya tapi seberapa daya berhasilnya desain yang sobat buat, pertama adalah apakah sobat mau memakai desain desain yang sobat buat??? kedua coba pakai seberapa lama sobat bangga memakainya dan menganggap itu keren juga dan seberapa banyak respon dari orang orang atau teman yang melihatnya.

Printing Yang Bagus
Mencetak kaos tentu sobat harus jeli dalam memilih vendor, bukan berarti blog kita vendor sablon harus disni, hal yang paling penting adalah kualitas sablon dan bahan sudah sesuai dengan harapan sobat, desain yang bagus akan didukung dengan sablon dan kualitas bahan yang bagus juga, agar harga jual dan penggemarnya akan bertambah.

® Pertimbangan Biaya
Untuk sebuah desain juga yang harus sobat pertimbagkan adalah masalah biaya produski dengan desain yang detail dan banyak warna akan mempengaruhi biaya produksi, hal ini tentu tidak akan menguntungkan para pembeli artwork untuk clothingan atau distro atau produsen kaos, mungkin batas maksimal adalah dibawah 8 warna, tapialangkah lebih baik lagi jika dibawahnyanya misal 1-5 warna.

Desain Inovatif
Hal yang banyak disukai tentu saja desain dengan ide ide baru atau yang fresh, namun tidak semua yang baru akan berhasil tapi tentu saja diperlukan, agar desain kita tidak monoton, jika berhasil tentu saja produksi juga akan diluar yang kita bayangkan.

Pesan di dalam Desain
Desain yang bagus memiliki pesan pada artikelnya, walau element element pada desain tidak terlalu banyak diperhatikan yang penting pesannya sampai, tidak harus dengan tulisan, gambar juga bisa memberikan pesan sesuai dengan thema yang kita buat.

ϟ Desain Trend
Membuat desain yang lagi trend, walau ide nya sudah dimulai oleh orang lain jangan tiru mereka, buatlah sesuatu yang masih berkaitan, namun jangan kaget jika desain kita juga akan di ikutin oleh orang lain dalam bentuk yang lain karena untuk sebuah trend putarannya ya disekitar itu saja.

Demikian beberapa tipsnya, lebih dan kurang mohon maaf, semoga bisa untuk menjadi tambahan tipsnya dalam proses desain kaos.



powered by : C2 LABS

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.